Kamis, 28 Mei 2020

Istilah Wabah, Endemi, Pandemi, dan Covid - 19 Termaksud yang Mana ?

Pandemi Covid19

World Health Organization (WHO) menetapkan virus corona sebagai sebuah pandemi. Selain itu, ada sebutan lain yang kerap dihubungkan dengan COVID-19 ini seperti epidemi dan wabah. Lantas, apa itu pandemi, epidemi, dan wabah?
Di dunia epidemiologi atau ilmu yang mempelajari pola penyebaran penyakit, ada beberapa istilah yang berkaitan dengan penularan penyakit selain epidemi dan pandemi. Ada beberapa istilah yaitu wabah, endemi, epidemi, dan pandemi.
Istilah-istilah ini tentu tidak dipahami secara detail oleh publik. Untuk itu, saya akan merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) akan memberikan pengertian dan perbedaan ketiga istilah itu.
Apa itu Wabah ??? => Kecil, tapi luar biasa.
Kata wabah dalam KBBI berarti penyakit menular yang berjangkit dengan cepat, menyerang sejumlah besar orang di daerah yang luas (seperti penyakit lainnya misalnya wabah cacar, disentri, kolera).
Wabah adalah terjadinya suatu penyakit dalam masyarakat, di mana jumlah orang terjangkit lebih banyak daripada biasanya.
Wabah dikategorikan saat penyakit sudah menularkan banyak orang dan kadang diartikan sebaai penyakit yang sudah lama tidak menjamgkiti masyarakat. Wabah bisa juga diartikan kasus penyakit yang terjadi dalam jumlah yang lebih besar dari yang diperkirakan di komunitas atau wilayah atau selama musim tertentu. Wabah dapat terjadi di satu komunitas atau bahkan meluas ke beberapa negara yang bertahan dari hari ke tahun.

Apa itu Epidemi ??? => Lebih besar dan menyebar.
Epidemi adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban, misalnya penyakit yang tidak secara tetap berjangkit di daerah itu.
Pengertian lain epidemi yaitu Tingkat pertama keparahan penyakit disebut endemi. Endemi dikaitkan dengan jumlah penyakit yang ada di dalam suatu komunitas atau kehadiran konstan atau kejadian biasa pada penyakit tertentu di suatu wilayah.

Apa itu Pandemi ??? => Internasional dan di luar kendali.
Istilah pandemi menurut KBBI dimaknai sebagai wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas.
Dalam pengertian yang paling klasik, ketika sebuah epidemi menyebar ke beberapa negara atau wilayah dunia.
Wabah penyakit yang masuk dalam kategori pandemi adalah penyakit yang menular dan memiliki garis infeksi berkelanjutan. Jadi, jika ada kasus terjadi di beberapa negara lainnya selain negara asal, tetap digolongkan sebagai pandemi.
COVID – 19 Termasuk Klasifikasi Apa ???
Saat tulisan ini dibuat, WHO mengklasifikasikan risiko penyebaran global COVID-19 sebagai “sangat tinggi,” yang merupakan level tertinggi dalam skema klasifikasi risiko yang mereka punya. Ini satu tingkat di bawah penetapan pandemi resmi.
Artinya, WHO masih berharap bahwa, dengan upaya agresif, wabah-wabah lokal masih dapat dikurung.
Tetapi saya dan para ilmuwan lain, serta pejabat kesehatan publik sudah menganggap situasi ini sebagai sebuah pandemi. Jumlah resmi penderita sudah melampaui 100 ribu kasus di hampir 100 negara, dan penularan masyarakat sudah terdapat di Amerika Serikat dan tempat lain.
Kalau mengacu pada definisi klasik, ini sudah pandemi. Penetapan resmi COVID-19 atau penyakit menular lainnya sebagai sebuah pandemi akan mendorong pemerintah, badan terkait, serta organisasi bantuan di seluruh dunia untuk mengubah upaya pengurungan (containment) menjadi mitigasi.
Penetapan ini memiliki dampak terhadap sisi ekonomi, politik, dan masyarakat dengan skala global.
Meski demikian, penetapan resmi WHO tidak perlu membuat kita ketakutan atau buru-buru memborong masker. Ini bukan berarti virusnya makin menular atau tambah mematikan. Bukan pula berarti risiko Anda terkena penyakit ini makin meningkat.
Tapi ini akan menjadi sebuah kejadian bersejarah.




Itulah Sebuah artikel mengenai "Istilah Wabah, Endemi, Pandemi, dan Covid - 19 Termaksud yang Mana ?", semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu wawasan teman - teman, mohon maaf jika ada kesalah kata dan kekurangan,

TERIMAH KASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa untuk memberikan komentar anda tentang Blog ini, agar Blog ini bisa dibuat lebih baik lagi, Terimah Kasih