Jumat, 15 Mei 2020

Beberapa Cara Merubah File Word Ke Bentuk File PDF Secara Online Atau Offline Gratis

Beberapa Cara Merubah File Word Ke Bentuk File PDF Secara Online Atau Offline Gratis Android atau PC

Beberapa Cara Merubah File Word Ke Bentuk File PDF Secara Online Atau Offline Gratis

File Word ke File PDF

Para penggarap skripsi, tugas sekolah, dan tugas kantor, pasti sering sibuk mencari jurnal dan sejumlah penelitian dalam bentuk PDF. PDF (Portable Document Format) merupakan software buatan Adobe (perusahaan yang menciptakan Photoshop). PDF sudah dibuat sejak 1993.
PDF menjadi format yang paling nyaman untuk dibaca dan biasa digunakan untuk penyelesaian tugas akhir. Selain nyaman, format tulisan dengan format yang satu ini sulit untuk diedit dan salin oleh orang lain. PDF kini sudah bisa juga dibuka melalui Android dengan mudah.
Namun, tak dimungkiri menyalin atau mengutip tulisan dari PDF sedikit ribet. Mau nggak mau kamu harus menulisnya secara manual dan perlahan. Tentu semakin sulit jika kalimat kutipan yang kamu perlu sangat panjang. Serasa menghabis-habiskan waktu saja.
Apalagi bagi kamu yang suka kebut tugas semalam, akan lama sekali tugasmu jadi. Jangan mudah mengeluh terlebih dulu. Kamu harus tetap segera mungkin menyelesaikan tugas dengan baik. Jalan satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah mengubah format PDF itu jadi WORD. Supaya kamu bisa mudah menyalin sumber referensi yang diperlukan.
Ada banyak cara yang bisa kita gunakan saat ingin mengubah MS Word menjadi PDF dengan software tambahan gratis, berbayar atau secara online. Dalam postingan kali ini saya coba rangkum beberapa cara yang pernah saya coba ketika mengubah dokumen word ke file PDF.
Bagi pengguna MS Office 2010 keatas, tentu akan sangat mudah menyimpan word (docx) ke PDF karena sudah ada fiturnya sedangkan bagi yang masih menggunakan Office 2007, 2003 maka harus menggunakan opsi lain dan akan saya bahas satu persatu.
Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa sobat gunakan saat ingin menjadikan dokumen word menjadi file PDF baik offline maupun online.


Baca Juga => Makalah Covid - 19


Apa Itu File PDF dan Word?
            Sebelum mengetahui cara mengubah file PDF ke Word kamu mesti tahu dulu apa itu file PDF dan Word, bagaimana karakteristik, serta hal lainnya.

PDF

            PDF, singkatan dari Portable Document File, adalah file yang memungkinkanmu membaca dokumen elektronik di berbagai perangkat seperti PC ataupun HP.
            PDF pertama kali dibuat oleh perusahaan Adobe, perusahaan di balik aplikasi edit foto terbaik Adobe Photoshop, dan pertama kali dikeluarkan ke publik pada tahun 1993.
            PDF sendiri memiliki kelebihan dibanding format berkas lain, seperti mendukung penggunaan tanda tangan elektronik dan penggunaan gambar dalam format vector yang lebih tajam.

WORD

             Sementara file Word biasanya kamu temui dalam software Microsoft Word, bagian dari Microsoft Office yang sudah menjadi produk Microsoft paling sukses.
          Sekarang, jenis file ini sudah diakui oleh khalayak luas sebagai standar universal dan sudah digunakan oleh aplikasi dokumen lain seperti Google Docs, geng.
            File Word sendiri terbagi ke dalam dua format yang paling dikenal, yakni .DOC dan .DOCX. Lalu apa perbedaanya?

Format .DOC
            .DOC merupakan ekstensi yang sudah dipakai sejak dirilisnya Word for MS-DOS bahkan dipergunakan untuk perangkat Windows atau MacOS hingga 2006 lalu.
             Format ini cenderung lebih berat dan besar yang bisa mencapai belasan MB, terlebih jika isi dari file mengandung banyak gambar maupun tabel.
Format .DOCX
            .DOCX sendiri merupakan penerus dari format .DOC yang dikembangkan pada tahun 2006 untuk mengakomodasi dokumen yang semakin bersifat multimedia.
             Perbedaan yang paling mencolok adalah format .DOCX akan terasa lebih ringan dengan ukuran file yang kecil dan sekarang, format .DOC sudah tidak banyak dipakai.
            Nah, setelah sesi belajar singkat ini selesai, sekarang akan masuk ke pembahasan utama dimulai dari cara ubah PDF ke Word.




Beberapa Cara Merubah File Word Ke Bentuk File PDF  


1.    Menggunakan Fitur Export di LibreOffice
       LibreOffice merupakan software alternatif pengganti MS Office yang bisa digunakan secara gratis, dan salah satu fitur menarik yang bisa kita manfaatkan adalah kemampuannya untuk export dari dokumen word ke PDF, caranya sangat mudah dan jika masih belum tahu silahkan ikuti langkah berikut ini.
1. Jalankan aplikasi Libre Office, jika belum punya silahkan download dulu.
2. Kemudian dari Menu pilih Open lalu cari dokumen word yang ingin diexport.
3. Setelah terbuka pilih icon Export yang ada di menu bar, selanjutnya beri nama file tersebut dan simpan. Jika kurang

File Word ke File PDF


2.    Menggunakan MS Word 2010 – 2016
       Hampir sama dengan cara pertama dengan LibreOffice, bagi sobat yang memiliki software Office 2010 sampai 2016 dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut.
1. Buka dokumen yang ingin di convert baik doc maupun docx.
2.  Kemudian tekan CTRL + P
3. Kemudian pilih menu Printnya, pilih Microsoft Print to PDF lalu klik Ok
4. Setelah itu pilih tempat penyimpanan file dan nama filenya lalu klik save

File Word ke File PDF

File Word ke File PDF

File Word ke File PDF


3.    Convert File Word Menjadi PDF Dengan Nitro Pro 10
       Nitro Pro 10 selain berfungsi sebagai pembaca PDF juga memiliki satu fitur menarik yaitu dapat digunakan untuk convert berbagai file menjadi PDF termasuk MS Word, dan berikut panduannya.
1. Cari file MS Word yang ingin diubah, kemudian klik kanan, dan pilih convert to PDF with Nitro
2. Tunggu sampai prosesnya selesai
3. Kita langsung dialihkan ke dalam aplikasi Nitro Pro 10, kemudian langsung klik saja menu file
4. Lalu pilih save as, terus klik browse untuk menentukan dimana file ini akan disimpan
5. Setelah itu pilih tempat penyimpanannya dan klik save

File Word ke File PDF

File Word ke File PDF

File Word ke File PDF

File Word ke File PDF

File Word ke File PDF


4.    Convert Secara Online    
       Ada banyak situs online yang menyediakan layanan untuk mengubah MS Word menjadi PDF salah satunya adalah smallpdf, dan berikut caranya.
1. Buka alamat berikut ini http://smallpdf.com/word-to-pdf
2. Kemudian upload file yang ingin diubah dengan cara dklik pilih file atau pilih Choose file.
3. Tunggu sampai proses upload selesai 100% dan proses converting akan berjalan otomatis.
4. Setelah selesai, langsung klik unduh untuk mengambil file yang telah dikonversi

File Word ke File PDF

File Word ke File PDF

File Word ke File PDF

File Word ke File PDF





Apakah sudah bisa mengubah file PDF kamu ke dalam format Word? Nah, selanjutnya saya juga bakal kasih beberapa kelebihan sekaligus kekurangan dari kedua format file ini.

Kelebihan File PDF
1.    Ukuran file lebih kecil apabila dibanding file format lainnya. Di sini kamu tetap bisa melalukan file compressing agar PDF berukuran lebih kecil lagi.
2.    Fleksibel untuk dibuka para perangkat mana pun, baik di smartphone Android, iOS, Windows, dan juga Mac OS.
3.    Rasio file corrupt dan crash lebih kecil dibanding format lainnya, sehingga aman untuk digunakan di berbagai platform.
4.    Keamanan file lebih terjamin di mana kamu bisa memasang password. Namun, jika kamu lupa kamu bisa membuka file PDF yang terkunci  

Kekurangan File PDF
1.    Lebih sulit untuk melakukan editing atau penyuntingan, karena lebih ditujukan untuk membaca dokumen saja.
2.   Biasanya butuh aplikasi tambahan untuk membaca atau melakukan editing file PDF secara langsung, seperti Adobe Acrobat Pro dan sejenisnya.

Kelebihan File Word
1.   Software lebih umum digunakan oleh banyak kalangan, mulai dari pelajar, karyawan, hingga kalangan profesional sekalipun.
2.   Fleksibel digunakan pada berbagai platform, karena berbagai aplikasi Word yang mendukung .DOC dan .DOCX tersedia di Windows, Mac OS, Android, dan iOS.

Kekurangan File Word
1.   Sangat mudah untuk diedit dan diakses oleh siapapun karena masih banyak kalangan kurang paham bagaimana cara mengunci file Word.
2.   Terlalu banyak versi yang ada hingga saat ini, sehingga jika kamu membuka file lawas di software lebih baru kemungkinan bakal ada beberapa setting yang berubah.

            Itulah yang bisa saya sampaikan mengenai Beberapa Cara Merubah File Word Ke  Bentuk File PDF Secara Online Atau Offline Gratis, semoga bermanfaat dan maaf jika ada kekurangan. Jika masih ada yang kurang jelas mengenai langkah diatas silahkan tanyakan di kolom komentar.
TERIMAH KASIH
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa untuk memberikan komentar anda tentang Blog ini, agar Blog ini bisa dibuat lebih baik lagi, Terimah Kasih