Jumat, 15 Mei 2020

4 Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online dan Offline Gratis

Memperkecil Ukuran PDF

Pada tulisan kali ini saya akan bagikan beberapa cara untuk kompres file pdf secara online maupun offline, namun penting untuk diketahui bahwa terkadang file yang dihasilkan kualitasnya berbeda dengan aslinya terutama pada gambar yang terkadang menjadi kurang jelas atau blur.
Saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkecil ukuran file PDF baik online maupun offline. Selain menggunakan software PDF reducer kita juga bisa memanfaatkan aplikasi lain seperti Microsoft Office – Word maupun Adobe Acrobat XI Pro.
File PDF saat ini memang banyak sekali yang menggunakan dari berbagai kalangan masyarakat maupun profesi. Sebagai pelajar atau mahasiswa dalam mengirim file untuk mengumpulkan tugas pasti menggunakan file PDF. Sebagai pekerja kantoran dan pelaku bisnis kita juga akan pasti menggunakan file pdf.
Kenapa file PDF sering digunakan dari berbagai kalangan? di saat semua banyak yang menggunakan pasti ada segi keuntungan menggunakan hal itu, benar bukan? Bicara tentang kelebihan file yang berformat PDF, format file ini sangat bermanfaat karena si pembuka file tidak perlu install software yang berat sebangsa microsoft office. Artinya bermodal dengan software pdf reader saja pdf ini sudah bisa dibuka dengan mudah dan tidak merubah struktur dan isi file tersebut.
Dari segi pengiriman file juga, pasti media seperti email memiliki aturan ukuran maksimal dalam pengiriman file atau si penerima file memiliki batasan ruang penyimpanan. Sehingga disini kita memerlukan solusi agar dapat mengecilkan ukuran file pdf.




4 CARA MEMPERKECIL UKURAN FILE PDF 

Sesuai dengan judul, saya akan berbagi tips cara untuk mengurangi ukuran pdf agar lebih kecil dengan hasil bervariasi tergantung dari isi/konten file itu sendiri, karena jika banyak mengandung gambar biasanya hasilnya tidak terlalu signifikan, dan berikut adalah beberapa metode yang bisa dipilih.

1.    Secara Online

Ada banyak situs yang menyediakan layanan kompres pdf, dan dari beberapa yang pernah saya coba salah satu yang terbaik adalah smallpdf. Situs ini mudah digunakan, tidak perlu daftar terlebih dahulu cukup upload lalu compress dan download hasilnya, berikut adalah langkah-langkahnya.
1.    Kunjungi halaman http://smallpdf.com/id/mengompres-pdf
2.    Kemudian drag & drop file pdf dari PC anda atau klik “Pilih File“.
3.    Tunggu beberapa saat sampai proses upload selesai 100%,
4.    Lalu pilih kompresi dasar dan klik opsi lanjutan, kemudian  proses kompres berjalan otomatis.
5.    Setelah selesai klik “Unduh File Sekarang“

Memperkecil Ukuran PDF


Memperkecil Ukuran PDF


Memperkecil Ukuran PDF


2.    Menggunakan Nitro Pro 10
NitroPDF merupakan Aplikasi pembaca file pdf yang cukup populer. Aplikasi ini tidak hanya sebagai viewer pdf saja. Melainkan anda dapat mengubah atau editing pdf. Fitur yang anda bisa manfaatkan salah satunya ialah Reduced Size, yang berguna bagi kita dalam mengkompres file PDF.
Cara mengecilkan ukuran file pdf:
1.      Buka file PDF lewat aplikasi Nitro Pro 10. Kemudian klik pada bagian menu File.
2.      Lalu tekan Optimize PDF.
3.      Pilih Optimize PDF, setelah itu pilih reduced zise
4.      Kemudian klik optimize, silahkan tunggu sampai proses kompres file pdf selesai. Apabila sudah selesai maka anda akan melihat Window yang menampilkan perbandingan file original dengan file pdf yang sudah terkompres. Kemudian tekan Accept.
5.      File yang sudah terkompres akan otomatis terbuka, langkah berikut yang harus anda lakukan ialah menyimpan file pdf itu dengan melakukan menekan tombol Save.

Memperkecil Ukuran PDF


Memperkecil Ukuran PDF


Memperkecil Ukuran PDF




Baca juga => Makalah Covid - 19 




3.    Menggunakan Microsoft Word Office 2013
Bagi pengguna Microsoft Office 2013 atau versi diatasnya, anda dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan kompres pdf
1.    Buka file pdf yang akan di kompres menggunakan aplikasi ms Word 2013 atau versi di atasnya.
2.    Maka file pdf tadi akan berubah secara otomatis menjadi file word.
3.    Setelah filenya terbuka, lakukan Save as file tersebut kemudian pilih tipe PDF.
4.    Berikutnya pilih minimum size (publishing online) di bagian optimize for yang letaknya ada di bawah. Terakhir tekan save untuk menyimpan.

Memperkecil Ukuran PDF


4. Menggunakan Adobe Acrobat XL Pro
Aplikasi Adobe Acrobat Pro di buat oleh perusahaan adobe, perusahaan ini sangat terkenal karena aplikasi paketnya yang lengkap dan terbukti mempermudah penggunanya. Khususnya kita yang akan selalu membuka aplikasi ini jika membuka file PDF.
Selain sebagai PDF Reader, Adobe Acrobat Pro memiliki fitur yang sangat di butuhkan oleh penggunanya yaitu mengkompres file PDF. Cara Memperkecil Ukuran File PDF dengan Adobe Acrobat:
1.    Pertama – tama anda buka dahulu file PDF yang akan di compress.
2.    Jika sudah terbuka, langkah berikutnya lakukan klik di File > Save As Other > Reduced Size PDF.
3.    Setelah proses di atas telah dilakukan, anda akan melihat munculnya Pop Up window, silahkan pilih Retain existing di opsi Make compatible with. Lalu klik OK.
4.    Pilih tempat folder untuk menyimpan file PDF yang telah di perkecil. Lalu klik Save.

Memperkecil Ukuran PDF






Itulah beberapa cara yang bisa saya sampaikan mengenai artikel 4 Cara Memperkecil Ukuran Fule PDF Secara Online dan Offline Gratis, mohon maaf jika ada kesalahan kata 
dan semoga artikel ini bisa bermanfaat

TERIMAH KASIH









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa untuk memberikan komentar anda tentang Blog ini, agar Blog ini bisa dibuat lebih baik lagi, Terimah Kasih